Jadikan 100 Karyawan Anda adalah Alat Promosi yang Jitu

Jadikan 100 Karyawan Anda adalah Alat Promosi yang Jitu

Promosi atau marketing adalah kunci dari keberhasilan sebuah usaha yang sedang ditekuni. Tanpa promosi, dan hanya dengan duduk diam saja di kantor maka omset perusahaan akan stagnan dan bahkan menurun. Tentunya dengan banyaknya biaya produksi yang Anda gunakan, Anda tidak ingin mendapatkan kerugian. Untuk itu, buatlah strategi marketing yang sangat ampuh dengan berbagai cara entah itu strategi promosi konvensional ataupun dengan strategi promosi modern via online.

Perlu diingat bahwa Anda sendiri didampingi dengan pihak penggagas perusahaan akan sangat butuh bantuan dari para karyawan. Anda akan membutuhkan cukup banyak sumber daya manusia yang akan menjalankan proses marketing tersebut. Dan, sumber daya manusia yang dimaksud adalah para karyawan Anda yang akan menggerakkan marketing secara natural bersamaan aktivitas mereka sehari-hari. Untuk itu, beberapa optimalisasi karyawan untuk proses marketing bisa dengan cara berikut ini.

Mengenakan kaos perusahaan
Sangat disarankan bagi perusahaan profesional untuk memiliki kaos santai khusus para karyawan dan karyawati. Kaos tersebut bisa dipakai khususnya saat mereka sedang berada di rumah atau sedang ingin picnic atau sedang ingin berkumpul bersama teman-teman kuliahnya. Pada kaos tersebut usahakan tersemat sablon logo perusahaan dan juga pesan singkat yang berisi ajakan untuk memanfaatkan produk atau jasa yang ditawarkan. DenganĀ  begitu, akan cukup banyak teman yang menyaksikan siapa Anda, siapa perusahaan Anda, dan bergerak dalam bidang apa perusahaan tersebut. Mengingat, promosi via mulut ke mulut akan cukup riskan dengan anggapan orang lain bahwa kita sedang memprospek mereka untuk tujuan yang kita inginkan. Kaos disini lebih sebagai stimulus yang akan memancing orang lain untuk tahu kita lebih jauh dan bertanya dengan sendirinya.

Menyebarkan brosur pada lingkungan sekitarnya
Di perusahaan. Anda, pastinya ada brosur yang tersedia. Bawalah beberapa brosur tersebut untuk keluarga, kerabat, teman dan juga tetangga yang ada di sekitar Anda.

Memanfaatkan media sosial pribadi untuk kepentingan promosi
Saat ini hampir tidak ada satupun orang yang bisa lepas dari media sosial. Entah itu twitter, facebook, ataupun instagram. Tentunya jumlah followers dan friends pada media sosial tersebut tidaklah sedikit jika memang Anda mengalokasikan waktu yang cukup banyak untuk bermedsos ria. Pada saat bermedsos ria, Anda bisa mencantumkan data tempat Anda bekerja pada bagian profil dan juga up date status atau ngetweet yang disertai dengan gambar-gambar pendukung dari aktivitas perusahaan Anda. Up date status tersebut bisa berupa informasi, promosi, pemberitahuan tentang event-event yang akan diadakan, dan juga hadiah-hadiah unyu yang akan diperoleh oleh para calon konsumen saat memutuskan untuk bertransaksi. Selain media sosial tersebut, Anda juga bisa tulis profil pada BBM dan juga Whatsapp dimana para teman yang ada pada kontak Anda akan melihat informasi yang Anda share tersebut.

Mengajak kerabat untuk berpartisipasi pada event-event tertentu yang diselenggarakan untuk umum
Pada beberapa kesempatan, Anda bisa mengajak kerabat atau tetangga atau saudara untuk tahu lebih jauh siapa dan apa sebenarnya perusahaan Anda. Ajaklah mereka pada event-event seru berhadiah menarik sehingga mereka akan lebih terkesan dengan apa yang sedang perusahaan Anda tawarkan. Anda bisa mengajak mereka dengan undangan terbuka via media sosial.

Gunakan jasa atau produk dari perusahaan Anda
Cara paling efektif untuk promosi adalah dengan menunjukkan pada mereka bahwa kita sebagai karyawan telah menggunakan produk atau jasa dari perusahaan kita sendiri. Dan hasilnya pun bisa mereka amati secara langsung. Saat mereka sedang sharing mengenai sesuatu yang berkaitan dengan produk atau jasa Anda, arahkan pikiran mereka untuk menggunakan jasa atau produk dari perusahaan Anda.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *