Seragam Kerja Sebagai Branding

Seragam Kerja Sebagai Branding

Seragam adalah seperangkat pakaian yang digunakan oleh sekelompok orang untuk kepentingan tertentu. Selain itu, seragam juga berfungsi sebagai identitas suatu instansi tertentu. Baik baju seragam sekolah maupun seragam kerja, keberadaannya sangat penting. Seragam sendiri sangat bermacam- macam, untuk anak sekolah dari Sekolah Dasar hingga tingkat mahasiswa seragamnya berbeda. Begitu juga dengan suatu perkantoran/ instansi, seragamnya juga berbeda antara tempat yang satu dengan yang lainnya. Seragam ini juga menjadi kebijakan setiap perusahaan, jadi wajar jika berbeda.

Sebagai pakaian penting, kain yang digunakan sebagai bahan dasar seragam ini harus nyaman. Hal ini tentu akan memberi efek pada kenyamanan anda dalam bekerja. Beberapa jenis kain yang biasanya dijadikan sebagai bahan dasar seragam adalah Drill, Tropical/ Oxford, Katun, Savana, dan lain- lain. Selain kain, desain dari seragam juga harus bagus dan disesuaikan dengan fungsinya. Jika fungsinya untuk kerja, maka desain sebaiknya yang sederhana namun modis. Terlalu banyak motif dan aksen akan menjadikan baju seragam kerja kurang elegan dan kehilangan kesan profesionalnya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Seragam Kerja

Banyak orang mengenali sebuah perusahaan dari seragam kerja yang dipakai oleh pekerjanya. Hal ini membuktikan bahwa seragam kerja tidak hanya sebagai pelindung saat kerja, namun juga sebagai branding dari perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu seragam kerja ini harus dikonsep dengan matang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin membuat seragam kerja.

  • Profil perusahaan
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa seragam adalah cermin dari perusahaan. Perusahaan tersebut tentunya memiliki warna tertentu sebagai pengenalnya. Dalam membuat seragam, hendaknya hal ini disesuaikan dengan warna profil perusahaannya. Hal ini akan menjadikan seragam lebih match, elegan dan juga menarik.
  • Pemakai seragam
    Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pemakai dari seragam itu. Jadi, sebelum membuat seragam, anda harus mencermati lebih dalam untuk siapakah seragam tersebut. Apakah untuk semua karyawan, divisi tertentu, atau seperti apa. Jika seragam ini dipakai oleh semua pegawai, maka desainnya harus cocok dan nyaman saat dipakai outdoor maupun indoor.
  • Bidang pekerjaan
    Bidang pekerjaan juga menjadi hal penting dalam pemilihan baju seragam. Mengapa demikian? karena seragam juga bisa menjadi penentu atas nyaman tidaknya seseorang bekerja. Jika seragam tersebut untuk para pekerja luar ruangan, maka pemilihan model dan bahannya juga harus tepat. Bahan tidak terlalu tebal sehingga tidak panas, model lengannya yaitu lengan panjang sehingga lebih safety.
  • Desain model seragam
    Desain seragam juga menjadi hal yang sangat penting. Hal ini juga harus dipikirkan matang- matang agar seragam tersebut cantik dilihat dan nyaman dipakai. Jika anda kesulitan dalam menentukan desain ini, anda bisa konsultasi dengan pihak konveksi pembuat seragamnya tersebut. Dalam hal ini, sangat direkomendasikan untuk membuat seragam kerja yang unik, sopan dan memiliki nilai estetika. Terlebih jika hal itu digunakan oleh pegawai yang selalu berhadapan dengan costumer.

Itulah beberapa pertimbangan sebelum membuat seragam untuk pegawai kerja. Dengan pertimbangan diatas, maka pemilihan/ pembuatan seragam akan cocok dipakai oleh pekerjanya. Untuk menghasilkan seragam yang bagus tentu anda juga membutuhkan jasa konveksi handal, terpercaya dan profesional. Anda bisa meminta gambar melalui portofolio yang dibuat oleh pihak konveksi. Adanya portofolio ini akan membuat anda lebih yakin dan lebih mengetahui seragam yang akan dibuat. Dari portofolio tersebut, anda bisa menanyakan banyak hal pada pihak konveksi.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *