Strategi Promosi Jual Beli Melalui Kaos

Strategi Promosi Jual Beli Melalui Kaos

Promosi merupakan bagian terpenting dalam setiap aktivitas yang bersifat komersil. Promosi berguna sebagai media perkenalan dari sebuah barang atau jasa yang akan diperjualbelikan di pasaran nantinya. Strategi promosi yang tepat akan sangat membantu dalam meraih target penjualan yang tinggi. Namun, sebaliknya yang akan terjadi adalah tidak terpenuhinya target penjualan dengan baik jika strategi promosinya kurang bagus.

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan sebagai strategi promosi, salah satunya ialah melalui pakaian, seperti kaos. Kaos memang menjadi pilihan yang paling banyak dijadikan sebagai media promosi daripada jaket, topi, atau bahkan kerudung. Hal tersebut agaknya tidak mengherankan karena kaos sifatnya multiseksual dan bisa digunakan oleh semua usia.

Promosi menggunakan kaos biasanya dilakukan oleh partai-partai yang hendak mengusung calonnya untuk dipilih dalam sebuah pemilu. Tentu memilih calon pemimpin ini bukan merupakan suatu proses jual-beli, ya. Kalau untuk proses jual beli yang menggunakan media kaos sebagai alat promosi, juga sudah akan banyak ditemui.

Ambil saja salah satu contohnya adalah promosi untuk sebuah buku. Misal, buku internasional yang terkenal; The Fault in Our Star karya John Green. Penerbit Indonesia yang mengadaptasi buku ini untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menggunakan kaos sebagai salah satu alat untuk mempromosikan buku tersebut. Lalu contoh lainnya, sebut saja sekuel novel Dilan karya Pidi Baiq. Novel ini agaknya cukup terkenal di kalangan remaja dan beberapa kelompok. Lagi-lagi, penerbit buku ini juga menggunakan kaos sebagai alat untuk mempromosikan buku tersebut.

Beralih dari buku, mari amati perusahaan penjualan barang besar; motor, misalnya. Para sales biasanya menggunakan kaos bertuliskan merk kendaraan tertentu yang secara tidak langsung desain kaos tersebut mengimbuhkan promosi untuk memasarkan kendaraan yang dimaksud. Tulisan merk tentu saja bukan satu-satunya yang menjadi alat promosi dalam kaos, namun tagline dalam iklan yang diimbuhkan juga pada kaos semakin memperkuat adanya unsure promosi dalam kaos tersebut.

Strategi promosi jual beli selanjutnya yang menjadikan kaos sebagai alat promosi, misalnya adalah kartu perdana. Jika mendatangi sebuah gerai ponsel, akan terlihat beberapa pegawai yang mengenakan kaos bertuliskan merk ponsel atau merk berbagai perdana tertentu. Desainnya biasanya simple, namun terlihat jelas oleh siapa pun karena pilihan font, warna, dan keunikan yang melambangkan produk kartu perdana tersebut. Tagline tentu menjadi salah satu pemicu kejelasan yang ditampilkan dari kaos promosi tersebut.

Kaos sebagai media promosi juga dilakukan oleh beberapa perusahaan di bidang minuman kaleng. Sebut saja coca cola, fanta, sprite, the botol, dan banyak lagi lainnya. Perusahaan dari minuman tersebut menggunakan kaos sebagai media promosi yang diperuntukkan untuk dikenakan oleh para sales yang biasanya menjajakan minuman dalam sebuah acara. Desain yang simple akan teringat di benak setiap orang karena dengan begitu, ciri khas produk tersebut menjadi satu hal yang mengakar di benak masyarakat.

Itulah beberapa contoh produk yang diperuntukkan untuk jual beli yang menggunakan kaos sebagai salah satu alat promosinya. Strategi promosi sebenarnya banyak dan bisa diaplikasikan pada berbagai macam gimmick. Namun, sangat umumnya penggunaan kaos oleh berbagai orang dari setiap kalangan dan usia maka memilih kaos sebagai salah satu media promosi adalah pilihan yang tepat. Selain itu, pastikan juga untuk memilih desain kaos yang akan melekat pada benak banyak orang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *