Tips Memilih Seragam Kerja untuk Wanita

Tips Memilih Seragam Kerja untuk Wanita

Memilih seragam kerja tidak semudah saat masing-masing karyawan membeli seragam kerja untuk dirinya sendiri. Ini karena ada cukup banyak personel yang terlibat dan antara satu dan lain karyawan pastilah berbeda secara selera. Umumnya, di perusahaan atau instansi formal terdapat karyawan dan karyawati sekaligus. Kali ini kita akan fokus pada cara memilih seragam kerja untuk wanita agar perusahaan atau instansi yang Anda pimpin akan lebih tampak profesionalitasnya. Para karyawan dan karyawatipun tidak akan mengenakan pakaian yang berwarna-warni setiap harinya sehingga kurang sedap saat dipandang. Untuk itu, pengadaan seragam sangatlah penting dan cara merealisasikannya adalah dengan tahapan berikut ini.

Terlebih dahulu tentukan model seragamnya.
Sebagai owner dari sebuah instansi atau perusahaan, Anda bisa memberikan instruksi kepada yang bertugas untuk membuat model sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran Anda. Apakah seragam tersebut akan dibuat lengan pendek dengan rok pendek ataukah lengan panjang dengan celana atau rok panjang untuk yang berhijab. Setelah garis besar model ini Anda dapatkan, Anda bisa lanjutkan rancangan ke model kerahnya apakah kerahnya seperti kerah kemeja, kerah jas ataukah kerah Cina. Detail selanjutnya yang harus Anda pikirkan adalah berapa saku untuk atasan dan bawahannya dan apakah saku tersebut memakai tutup atau tidak. Detail terakhir yang perlu Anda pertimbangkan adalah kancing bajunya dan juga aksen yang akan mempercantik tampilan seragam tersebut.

Pilihlah warna sesuai selera
Dalam memilih warna, Anda bisa mempertimbangkan beberapa faktor berikut:

  • Faktor usia karyawan.
    Dalam memilih seragam karyawan, Anda bisa melihat berapa rata-rata usia para karyawati Anda, jika rata-rata usia mereka belum tergolong tua, atau masih ibu-ibu muda, maka Anda bisa memilih warna-warna ceria agar sesuai dengan usianya. Dan, jika karyawatinya dominan adalah usia 40 ke atas, maka Anda bisa memilih warna yang sedikt kalem.
  • Faktor suasana ruang kerja yang ingin diperoleh.
    Jika saat ini Anda ingin suasana ruang kerja yang cemerlang dan ceria, Anda bisa memilih warna-warna yang cerah. Namun jika Anda ingin suasana lebih elegan, soft dan tenang, warna-warna bebatuan dan juga warna-warna netral akan memberikan nuansa yang lebih tenang bagi ruangan Anda.
  • Faktor keselarasan seragam dengan warna icon perusahaan.
    Agar seragam dan warna dominan perusahaan atau instansi terkait lebih matching, maka Anda bisa memakai warna icon tersebut sebagai warna seragam. Bisa pula Anda kombinasikan warna itu dengan warna lain yang serasi.

Mendata karyawati
Langkah selanjutnya adalah mendata berapa jumlah karyawati aktif. Ini berhubungan dengan berapa banyak seragam yang akan Anda pesan.

Pilihlah bahan yang cocok
Memilih bahan yang sesuai dengan kondisi dan suasana pekerjaan sangatlah penting. Untuk karyawati yang berada di lapangan bisa memakai seragam berbahan katun yang lebih menyerapa keringat. Dan, untuk karyawati indoor dengan fasilitas AC di ruangan agaknya lebih adaptatif terhadap berbagai jenis bahan.

Carilah konveksi yang profesional
Agar hasil seragam yang Anda pesan sempurna, maka pesanlah seragam tersebut pada penyedia jasa konveksi profesional yang akan memberikan masukan terhadap bahan apa yang pas, jahitan yang rapi dan bagus, serta akan menyelesaikan order tepat pada waktunya.

Lakukan pengukuran terhadap masing-masing karyawati
Mintalah konveksi tersebut untuk melakukan pengukuran kepada para karyawati satu persatu di perusahaan atau instansi Anda. Ini akan lebih memudahkan para  pekerja untuk tetap fokus pada kerjaan tanpa harus mengunjungi pihak konveksi secara pribadi satu persatu. Setelah itu, tunggu seragam kerja wanita yang telah Anda pesan selesai tepat pada waktunya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *